Sopaseca, Kala Kuliner Meksiko Bertemu Kelezatan Nusantara

“Bienvenido A Marrero!” Sapaan akrab yang ramai itu langsung menghampiri ruang pendengaran kala ada pelanggan yang memasuki restoran bernuansa Meksiko bernama Marrero tersebut. Menurut William Setyono, General Manager dari Marrero Hotel & Restaurant, pemilihan tema Meksiko sendiri berasal dari hasil kesepakatan tim yang menjalankan usaha ini.

“Konsep ini belum pernah ada sebelumnya, kami ingin membawa konsep ramai dan ramah ala Meksiko yang dipadukan dengan local content ala Indonesia” ujarnya.

marero_1

Setiap tahunnya Program Studi Manajemen Perhotelan UK Petra memang memiliki mata kuliah khusus yang mewajibkan seluruh mahasiswanya bekerja sama untuk menjalankan sebuah usaha perhotelan dan restoran. Dari tahun ke tahun konsep yang dibuat harus berbeda dan tahun ini tema yang dipilih adalah Meksiko. Dalam prakteknya ada 71 orang mahasiswa yang menjalankan usaha ini dengan didampingi oleh dosen pembimbing yang merangkap sebagai investor sekaligus supervisor dari bisnis yang dijalankan tersebut.

 

“Ini merupakan puncak dari pembelajaran teori dan konsep manajemen yang telah mereka pelajari di kelas selama beberapa semester. Mereka berpraktek langsung bagaimana menjalankan sebuah usaha, uniknya disini adalah semuanya dikelola oleh mahasiswa, top managementnya mahasiswa, staffnya mahasiswa dan kebanyakan pelanggannya pun mahasiswa” ujar Pak Endo WIjaya Kartika, S.E., M.M selaku supervisor bisnis dari Marrero. Memang dalam pelaksanaannya ke-71 mahasiswa tersebut mendapat tugas maising – masing, ada yang menjadi General Manager, Chef, Waitress hingga Resepsionis.

 

marero_2
Mi Burung Dara telah tiga tahun menjadi sponsor acara ini. Tekstur unik yang dimiliki oleh produk Mi Burung Dara membuatnya dapat dikreasikan menjadi berbagai macam tipe olahan makanan, hal ini dibuktikan oleh menu kreasi masakan yang tercipta dalam kegiatan ini. Pada tahun 2013 Produk Mi Burung Dara dikreasikan menjadi Rendang oleh Restoran Carlovoria, sementara pada tahun 2014 dipadukan dengan Bumbu Rujak oleh Restoran Gulali. Untuk tahun 2015 sendiri dikreasikan menjadi menu yang justru menjadi favorit pelanggan Marrero yaitu Sopaseca.

marero_4

Awalnya pihak Marrero mengalami kesulitan untuk mengkreasikan kuliner Meksiko dengan konten lokal yaitu mi, karena memang pada dasarnya hampir tidak ada kuliner Meksiko yang berbahan dasar mi atau pasta. Hal ini diakui oleh Pak Hanjaya Siaputra, S.E., M.A. selaku Supervising Chef dari Marrero. “Memang pada umumnya mi atau bahkan pasta jarang digunakan pada kuliner Meksiko” namun berkat kreativitas tim dari Marrero mereka berhasil mengkombinasikan 2 hal tersebut dan menghasilkan masakan unik nan lezat bernama Sopaseca, “Kami menggunakan Kakap Merah dan Saus Salsa sebagai bahan pendamping dari mi, dalam prosesnya sendiri mi tersebut dimasak 2 kali untuk mendapatkan tekstur yang pas.” tambahnya. Hasilnya memang sebuah masakan lezat yang memiliki tekstur gurih dengan rasa asam manis dan pedas yang pas, kombinasi kakap dan mi memberikan kesan tersendiri karena keduanya tidak saling beradu tapi justru saling melengkapi yang menjadikan masakan ini memang layak menjadi menu favorit.
Mexico, Maracas, Sombrero, Marrero.. Perfecto!

marero_3

Belum ada komentar

Tinggalkan Balasan