Tips Memilih Mi Kering Yang Aman Dikonsumsi

Suka menyantap olahan mi? Yakin mi yang sering kamu konsumsi itu aman bagi tubuh kamu?

Tak terkecuali orang dewasa, anak-anak pun sangat gemar sekali menyantap mi. Setidaknya mi kering yang aman bagi tubuh kita haruslah memiliki ciri berikut.

  1. Produsen yang Terjamin dan Tersertifikasi

Saat membeli mi, pilihlah produsen mi yang mengantongi sertifikat Halal dari MUI dan BPOM. Logo sertifikasi tersebut biasanya dicantumkan pada kemasan produk. Sebaiknya jangan sembarang pilih produsen mi yang tidak tersertifikasi karena kandungan bahan, kualitas bahan di dalam mi, dan proses pembuatan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Rendah Lemak

Mi kering tidak melalui proses penggorengan seperti mi instan, tapi menggunakan teknologi Air-dried. Teknologi ini menggunakan udara panas untuk mengeringkan mi sehingga menghasilkan mi yang rendah lemak.

Perlu diketahui, tidak semua produsen mi kering memakai teknologi Air-dried. Banyak yang masih menggunakan cara manual, yaitu mengeringkan mi dengan cara dijemur yang dapat terkontaminasi oleh polusi udara.

  1. Bebas Pengawet

Mi kering yang aman dikonsumsi tidak perlu memakai pengawet, karena proses pengeringan Air-dried itu sendiri mencegah pembusukan sekaligus dapat membunuh bakteri, sehingga mi dapat tahan lama secara alami. Mi kering bebas pengawet ini mampu bertahan dalam kurun waktu 10 bulan dari tanggal produksi.

  1. Tekstur Setelah Direbus

Mi yang aman dikonsumsi setelah direbus meninggalkan air bekas rebusan yang keruh. Hal ini dikarenakan sari tepung yang merupakan bahan dasar mi dan telur ikut larut dalam air mendidih. Selain itu, kualitas mi yg baik mempunyai tekstur kenyal dan tidak mudah putus, tapi empuk dan lembut saat dikunyah. Ini dikarenakan mi menggunakan bahan premium-tepung dengan protein yang tinggi.

Photo by @dianandariskia.

Belum ada komentar

Tinggalkan Balasan