Membuat Bahan Pewarna Alami Di Rumah | Mi Burung Dara
CARI :

Membuat Bahan Pewarna Alami Di Rumah

Tampilan makanan merupakan faktor penting agar menarik saat dihidangkan. Namun dalam proses mengolah masakan, banyak makanan menggunakan pewarna buatan yang mengancam kesehatan. Tanpa kita sadari banyak pewarna dari bahan alami. Bukan hanya mudah didapat juga memiliki nutrisi baik bagi kesehatan.

Buah Naga Merah

Buah dari keluarga kaktus ini identik dengan bentuk yang unik. Blender daging buah naga dengan air, kemudian saring biji naga agar Anda mendapatkan warna merah yang pekat. Gunakan alat bantu karena warnanya sangat mudah menempel di tangan. Anda dapat menggunakan pewarna merah naga untuk membuat bolu, red velvet cake, maupun campuran minuman. Warna merah yang dihasilkan sangat cantik saat disajikan.

Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu soto, kunyit juga digunakan sebagai bahan bika ambon. Membuat pewarna makanan dari kunyit cukup mudah. Parut kunyit kemudian encerkan dengan air. Biasanya digunakan untuk bika ambon, nasi kuning, soto ayam lamongan, ayam goreng bumbu kuning ataupun jamu kunir asam.

Daun Pandan

Untuk mendapatkan warna hijau anda dapat menggunakan daun Pandan. Daun pandan memiliki aroma yang khas dan sering digunakan dalam resep kue tradisional. Untuk membuat pewarna makanan dari pandan Anda dapat menghaluskan daun pandan dengan sedikit air menggunakan blender. Kemudian saring hingga tidak ada ampas yang tersisa. Anda dapat mencoba membuat klepon, serabi, talam, bubur manis dan lain sebagainya.

Kluwek

Kluwek identik dengan makanan khas Jawa Timur rawon. Disebut juga dengan pucung, buah satu ini menghasilkan warna gelap dan aroma yang khas pada makanan. Sedikit tips untuk memilih kluwek pilih buah yang berat dan koplok saat digoyang-goyang. Kemudian ambil daging buah yang hitam pekat dan tidak pahit agar warna hitam yang maksimal. Bukan hanya rawon, kluwek juga digunakan sebagai bumbu sop konro Makasar dan sambal pangi khas Bali.

Kol Ungu

Bingung mencari pewarna ungu untuk puding? Kol ungu bisa jadi solusi nya. Jangan khawatir karena warna ungu ini disebabkan tingginya kadar antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan. Selain itu kol ungu memiliki kandungan vitamin A 10 kali lebih banyak dibandingkan kol hijau. Untuk membuat pewarna dari kol ungu anda dapat merebus irisan kasar 1 buah kol dengan 1 liter air. Semakin lama direbus, maka warna ungu akan semakin pekat.

Dengan menggunakan pewarna alami Anda dapat tetap berkreasi tanpa khawatir. Temukan inspirasi penggunaan bahan alami dalam resep Mi Rawon Buntut dan Sweet Mi Mango Sauce di Resep Kreasi Kenyal Mi Burung Dara. Jadi jangan ragu lagi untuk membuat kreasi terbaik untuk keluarga. Selamat mencoba.

Komentar di matikan